Kenapa Harus SF ITB? – PERJUANGAN SBMPTN PART 2

unnamed

Setelah memutuskan bimbel di inten, tentu saja aku harus menentukan tujuan akhirku, yaitu universitas dan bidang studi apa yang ingin aku tuju. Menurutku, dalam menentukan pilihan kampus (terutama bidang studinya), kita harus berpikir realistis dan mengutamakan minat bakat diri sendiri. Jangan mudah terpengaruh kata orang lain, karena yang bakal kuliah kan kita sendiri.

Tapi saat itu aku masih mengutamakan gengsi hehehehe. Karena aku dari Bandung, maka perguruan tinggi negeri (PTN) paling mantep di Bandung (menurutku) adalah ITB. Saat itu aku mikir ITB isinya anak-anak pinter, dapet kerja cepet, dapet jodoh gampang, terus kalo masuk ITB bisa banggain orang tua. Kalo mama ditanya sama temen arisannya ‘anaknya masuk mana’ entar mama bisa jawab ‘ITB’ hahahah bangga banget ga tuh. Terus dulu aku mikir kalo aku masuk ITB, aku bisa sedikit lebih keren dari kakakku (kakakku kuliah di Unpad, udah keren sih soalnya PTN). Selain itu, dengan masuk PTN, aku juga meringankan beban finansial orangtuaku, soalnya uang kuliah yang harus dibayarkan jauh dibawah perguruan tinggi swasta.

logo-itb-512px

 

Nah, aku sudah menentukan perguruan tinggi pilihanku. Sekarang tinggal program studinya. Seperti namanya, sebagian besar fakultas di ITB merupakan fakultas teknik/teknologi. Dan menurut kata orang-orang, teknik identik dengan fisika. Pelajaran fisikanya pasti banyak, luas, dan mendalam. Sejak SMP, aku tidak terlalu suka fisika. Nilai fisika juga pas-pasan. Jadi aku tau diri deh ga akan daftar ke fakultas teknik.

Di ITB, fakultas yang tidak terlalu teknik hanya ada 4, yaitu SBM, FSRD, SF, dan SITH-S. Yang berkaitan dengan IPA hanya SF dan SITH-S. Karena dulunya aku pengen masuk FK, jadinya guru intenku menyarankan untuk daftar SF ITB, karena masih berkaitan dengan dunia kesehatan. Tadinya aku mikir, kalo aku masuk SF berarti sama kaya mamaku ya hahaha soalnya mama juga anak farmasi (tapi UGM sih). Terus kan sesuai keinginanku juga karena SF ada di ITB tapi gak belajar teknik dan hal-hal yang berhubungan dengan fisika (yang ternyata salah banget kalo mikir kaya gini).

Akhirnya aku mulai survei, nanya sana-sini, nanya tetangga juga karena kebetulan ada yang anak SF ITB. Aku juga datang ke acara open house ITB yang pada saat itu ada stand SF, jadi aku bisa nanya macem-macem. Saat ke open house ITB itu aku manfaatkan buat nanya-nanya ke stand fakultas lain juga, contohnya FTI dan FMIPA karena aku juga ingin masuk jurusan Teknik Kimia di FTI atau Matematika di FMIPA. Aku sempat berfoto juga di beberapa tempat di ITB hehehe.

Setelah nanya-nanya dan survei kesana kemari, aku bisa menyimpulkan plus minus dari SF.

+

Farmasi berkaitan dengan kimia dan aku suka kimia Isinya perempuan semua jadi susah nyari jodoh yang sefakultas hahahahahah
Berkaitan dengan kesehatan Dosennya mostly killer
Banyak praktikumnya dan aku suka praktikum Beban kuliahnya cukup berat, sama seperti fakultas lainnya di ITB
Satu-satunya farmasi yang berfokus ke teknologi ada di ITB (jurusan Sains dan Teknologi Farmasi) Jarang ada kuliah lapangan/outing/study tour kalo dibandingin sama fakultas lain huhu, padahal aku suka outing
Lapangan kerja luas dan banyak Harus rajin

Setelah berbagai macam pertimbangan, akhirnya aku daftar SF ITB pas SNMPTN. Pilihan tunggal, disuruh guru inten. Soalnya katanya sih bakal lebih dipertimbangkan buat diterima kalo pilihan tunggal, karena kesannya kita bener-bener pengen masuk ke fakultas / universitas tersebut. Yaudah ya akumah nurut aja sama guru inten.

Beberapa temanku yang sudah positive thinking bakal keterima SNMPTN mulai jarang masuk inten. Sedangkan aku, tetep rajin inten karena besar kemungkinannya aku ga keterima. Kenapa?

Yang pertama, ada anak lain di SMA ku yang ranking paralelnya lebih tinggi dari aku (dia ranking 7, aku ranking 11) dan daftar SF ITB juga. Fyi, ranking paralel tuh maksudnya ranking seangkatan gituu dan dari jaman dulu itu selalu dipertimbangkan buat daftar SNMPTN.

Selain itu, grafik nilai aku juga gak stabil dan gak meningkat. Malah menurun hehehehe dari kelas X sampai XII. Sedangkan salah satu syarat keterima SNMPTN adalah grafik nilainya stabil atau meningkat. Jadi yaaa akusih ngarep keajaiban aja wkwkwkwk.

Hal positif dari merasa gaakan keterima SNMPTN adalah aku jadi semangat belajar di inten buat nyiapin SBMPTN. Aku berusaha dapet nilai setinggi-tingginya pas try out. Aku kerjain semua tugas, semua catatan, semua try out at home, dan semua progress dengan semangat dan ikhlas WKWKWKWKWK.

Soal-soal SBMPTN tahun lalu juga sering aku bahas, tapi ga semua sih. Aku paling sering ngereview soal TPA karena ngerjainnya ga mikir, cuma pake feeling aja. Guru inten juga nyuruh fokusin belajar soal TPA karena sangat membantu banget buat gedein nilai SBMPTN. Soal-soal sainteknya kerjain aja yang bener-bener kita paham dan suka, karena mendingan paham sedikit materi tapi beneran paham, daripada ngafalin semua materi tapi ga dipahamin atau ga disukain. Jadi aku belajarnya pilih-pilih gitu, lebih sering pelajarin materi yang aku suka.

Karena aku gasuka fisika, guru inten aku menyarankan yang penting aku menguasai salah satu bab yang udah fix bakal keluar di SBMPTN. Akhirnya aku pilih satu bab (lupa bab apa) yang emang aku suka, dan aku bener-bener pahamin di bab itu. Jadi setiap try out, yang aku kerjain di bagian fisika ya selalu cuma satu sampai dua soal, tapi jawabannya bener. Mendingan gitu kan daripada jawab banyak-banyak tapi salah, entar malah jadi ngurangin skor akhir.

Biologi lumayan suka sih. Dan aku kan pengen masuk SF ITB, farmasi berkaitan sama dunia kesehatan kan, dan dunia kesehatan udah pasti nyambung sama biologi. Jadi biologi aku harus bagus. Sayangnya, karena biologi ini pure hafalan, jadi soal yang keluar tiap tahunnya lebih unexpected daripada soal mata pelajaran yang lain. Jadi ya tiap try out ga tentu deh aku jawab berapa soal. Jawab sebisanya aja dan sehafalnya dan seyakinnya. Yang udah pasti dijawab tuh soal yang ngitung gen-gen gituloh wkwkwk aku lupa namanya soal apa, yang bisa tau keturunannya tuh berapa, yang ada genotip fenotip. Itu soal apasih wkwkwkw lupa donggg maafiin ya, pokonya aku fix selalu harus ngerjain soal itu karena dia bukan hafalan, tapi itungan. Dan itungannya juga ga terlalu susah sih, yang penting paham aja sama materinya pasti bisa ngerjain.

Aku suka kimia, jadi ya berusaha ngerjain minimal 10 soal dari 15 soal kimia yang ada. Kalo try out, target aku kerjain 10 soal. Tapi ya kalo bisa lebih juga bagus wkwkwk, paling banyak waktu itu aku sempet try out dan di bagian kimianya bener 13 soal. Bangga bet ga tuhhh hahahahahah tapi cuma sekali doang, sisanya mah aku kerjain kimia minimal 10 soal deh.

Matematika juga aku suka, tapi entah kenapa soal matematikanya SBMPTN susah bet yaallah monangis rasanya. Kan matematika kebagi dua, ada yang matematika dasar dan matematika IPA. Kalo matematika dasar materinya masih gampang dan mendasar (yaiyalah kan matematika dasar) jadi aku selalu nargetin kerjain semua soal matdas. Kalo matematika IPA sih aku paling mentok kerjain 7 soal… karena emang susah dan butuh mikir, sementara aku orangnya gasuka mikir wkwkwkw monmaap yah. Sebenernya kalo dipikir-pikir pola soal SBMPTN yang keluar tiap tahunnya tuh mirip-mirip, jadi ya hafalin aja polanya. Biasanya angkanya doang yang ganti. Tapi ya kerjainnya yang yakin aja, soalnya kalo tetep ngerjain yang gayakin kan entar bisa ngurangin poin akhir.

Di inten udah dibiasain dari try out pas kelas 12 semester 1, buat ngerjain soal yang beneran kita bisa dan yakin aja. Jadi ya pas semester 2 udah terbiasa try out, udah kaya makanan sehari-hari deh beneran huhu. Dan jaman aku kan masih PBT (paper based test) jadi masih pake LJK (lembar jawaban komputer) itulohh yang ngebuletin jawabannya. Serius inimah tangan aku kayak udah otomatis ngebuletin LJK nya gitu hahaha saking seringnya try out di inten. Bahkan kuis di inten juga ngebuletin lembar jawaban. Jadi ya tangannya udah terbiasa.

 


 

Akhirnya setelah sekian lama menunggu, pengumuman SNMPTN datang. Aku buka di dalem kelas inten, bareng temen-temen yang lain hahahahah rasanya campur aduk deg deg ser gitu. Pas dibuka……. Gaketerima haha yaudalah ya aku juga udah ngerasa gaakan keterima sih. Beberapa temen inten ada yang nangis pas ga keterima. Anak inten yang alumni waktu itu cuma bisa nyemangatin dan ngetawain hahahah kan mereka udah ga SNMPTN lagi. Aku yang ga keterima sih yaudah gitu tetep fokus belajar karena waktu itu aku bukanya pas lagi kelas tambahan di inten.

Anak-anak yang keterima seneng banget sih idupnya hahahah, keesokan harinya udah pada ga dateng lagi ke inten. Yaiyalah ngapain dateng lagi, kan mereka gaakan ikut SBMPTN. Masih ada beberapa yang tetep dateng ke inten karena SNMPTNnya keterimanya ga sesuai keinginan mereka, jadi tetep mau cobain SBMPTN. Yang kaya gini jangan ditiru nih, soalnya kasian adek kelas dari SMA kalian, nanti kesempatan dapet SNMPTN nya berkurang loh. Beberapa universitas bahkan sampai mem-blacklist sekolah yang menolak mereka di SNMPTN.

Jadi kalo kalian nolak SNMPTN tuh sama aja merugikan nama baik sekolah dan merugikan adek kelas kalian. Makanya kalo milih universitas di SNMPTN harus serius dan mateng-mateng, harus univ dan program studi yang kalian bener-bener mau, jadi gaakan ditolak kalo keterima. Jangan asal pilih atau cuma liat passing grade aja. Kalian harus pilih yang kalian bener-bener inginkan. Tapi yaa terserah juga sih, semua orang punya pilihan dan pertimbangannya masing-masing jadi gaboleh judge okehhh.

2 thoughts on “Kenapa Harus SF ITB? – PERJUANGAN SBMPTN PART 2

    • di seluruh indonesia banyak kok, kalo hasil search di google sih ada inten pekanbaru… tapi belum berhasil nemu website resminya. maaf yaa mungkin bisa cari info lagi di inten terdekat

      Like

Leave a comment