I WANT TO BE AN EXCHANGE STUDENT, PART 3 – Seleksi Tahap 3 AFS/YES 2016/2017

AFS_Interkulturelle_Begegnungen_Logo.svg

Setiap hari, aku ngebuka website Bina Antarbudaya chapter Bandung sama ngecek twitter. Buat apa? Buat ngecek pengumuman hasil seleksi tahap 2 udah ada atau belum. Serius lama banget nungguinnya! Berkali-kali disuruh sabar sama admin twitter binabudbdg. Yaudah deh sabar.

Akhirnya, suatu pagi tanggal 8 Juni 2015, aku buka website dan ternyata……………… UDAH ADA PENGUMUMANNYA. Ada urutan nomer peserta yang lolos seleksi tahap 2. Aku langsung baca pelan-pelan dan hati-hati daann……………….. ADA NOMER PESERTA AKU. Waaaaaaaaaaa I’m so excited aaaaaaaa rasanya seneng banget berasa dapet pajero sport gratisan! Lebay ya haha gapapa deh, emang seneng pisan soalnya. Langsung deh kasitau keluarga sama temen-temen terdekat juga. Alhamdulillah, Allah SWT mendengar doaku heee seneng banget waktu itu. Oiya, yang dari tarbak cuma aku sama Mail yang lolos. Dan temen SMP ku tinggal Irza aja. Sedih:( tapi gapapa harus tetep semangat.

Langsunglah aku cek apa aja yang perlu disiapin buat seleksi tahap 3. Ternyata seleksi tahap 3 ini beda dari seleksi sebelum-sebelumnya. Ada 2 tes, pertunjukan bakat sama dinamika kelompok. Waktu kubaca dari twitter, pertunjukan bakatnya tuh per individu dikasih waktu kurang lebih lima menit untuk menampilkan bakatnya di depan juri dan seluruh peserta yang berjumlah 38 orang dari chapter Bandung. Kalau dinamika kelompoknya tuh kaya ngerjain suatu kasus perkelompok gitu.

So, aku langsung prepare. Apa yang mau aku tampilin pas pertunjukan bakat ya? Aku nggak merasa punya bakat spesial atau keahlian yang bisa impress juri dan bikin aku kepilih. Bisa sih main piano, cuma karena aku produk les, jadi ya bisanya lagu yang itu-itu aja. Mmm aku suka baca puisi. Tapi bingung juga, malu hehehehe kan biasanya orang kalo baca puisi tuh harus ekspresif. Tapi aku suka grogi kalo harus ekspresif di depan orang-orang yang aku belum kenal semua. Kalo didepan kelas sih okelah, tapi ini didepan peserta lain yang aku yakin pasti mantep-mantep semua bakatnya. Aku baca di twitter, ada yang mau nari saman, ada yang mau main anggar, ada yang gatau mau ngapain tapi udah 85% persiapannya. Nahloh mau ngapain tuh ya? Bikin aku deg-degan soalnya aku tau mereka adalah beberapa sainganku nanti pas seleksi.

Jadi, I decided untuk nyanyi aja. Bakat standar yang sebenernya semua orang juga bisa. Tapi itu yang paling gampang plus paling pede aku lakuin. Karena disuruh bawa property sendiri buat pertunjukan bakatnya, aku akhirnya bawa laptop buat background musiknya. Siap deh.

Seleksi tahap 3 dilaksanakan hari Minggu, 14 Juni 2015. Jaraknya cuma seminggu dari pengumuman hasil seleksi. Jadi ngga banyak yang bisa disiapin buat seleksi tahap 3. Aku dateng ke tempat seleksinya yaitu SMPN 7 Bandung kepagian, jadi nunggu deh sambil berdiri soalnya ngga ada tempat duduk. Deg-degan banget, ngeliatin peserta lain pada bawa gitar, keyboard, bahkan yang bawa cello segede pohon pisang juga ada. Ada juga yang udah pake kostum tari tradisional gitu. Ada yang tari merak, jaipong, wah pokonya mantep-mantep. Sementara aku disini cuma bawa laptop aja. Yaah sedih ugha:(

Baru akhirnya dateng Mail, temen dari tarbak yang sama-sama lolos ke seleksi tahap 3. Dia gabawa apa-apa, padahal katanya mau main keyboard. Tapi yang bikin kaget adalah, kartu peserta dia ilang jadi dia ngga bawa kartu peserta. Parah banget kan. Terus aku facepalm aja sambil bilang “kenapa ngga ngeprint lagi aja sih il kartu pesertanya-_-” dan dia langsung nelepon adenya, minta tolong diprintin kartu peserta:))

Yaudah deh terus daftar ulang, terus disuruh kumpul di aula. Setelah semua peserta kumpul, kita dikasih tau kalo kita bakal tes dinamika kelompok dulu. Dibagi kelompok deh. Aku sekelompok sama Jeremy, Rizky, sama Elvina. Kita kenalan bener-bener right before masuk ruangan tes. Jadi ya belum akrab banget. Tapi alhamdulillah tesnya berjalan cukup lancar dan kita ngga grogi juga.

nasgor-ayam

Abis itu istirahat makan siang, dapet nasi timbel sama ayam goreng. Sambelnya mantep banget parah! Aku makan lahap banget sampe kotaknya bersih. Kelaperan, energi terkuras habis pas dinamika kelompok hehe. Terus abis makan, tampil pertunjukan bakat. Aku sekelompok sama Syahna, Shafilla, Farid, Abbe, Fikri, Adit, Grace, Christo, sama Gradinal. Kalo sama kelompok yang ini sih akrab banget haha rame deh pokonya kita bisa nyatu dan kenal satu sama lain. Sampe saling follow instagram, ngeadd path, bikin grup line jugaa kita, terus saling mendoakan semoga semuanya kepilih jadi peserta AFS/YES 2016/2017. Haaa seneng deh pokonya.

Jadinya aku tetep nyanyi bareng Grace, rada soide sih nyanyi lagu daerah diremix sama lagu When I’m Gone yang di film pitch perfect ituloh. Terus Syahna sama Shafilla nari, Gradinal speech, Farid MC, Fikri main suling, Christo main gitar, Abbe sama Adit jadi kaya pembaca berita gitu. Kelompok kita tampil pertama. Ngga sesukses kelompok yang lain sih, tapi kita hepi-hepi aja yang penting udah beres.

Udah deh abis tes terus ada evaluasi dari kakak-kakak volunteer, terus pulang. Rame banget parah!

Buat seleksi tahap 3 ini, ngga banyak tips nya. Yang penting be yourself, santai, sama tetep DOA yang paling penting. Doa adalah senjata yang paling ampuh. Doa tiap shalat, doa di tiap kesempatan yang ada. Selipkan doa ‘semoga AFS adalah jalan terbaik buat ikut student exchange’ karena Tuhan tau yang terbaik buat kita. Kalau AFS bukan yang terbaik, pasti ada hal lain yang lebih baik yang menunggu kita. (sori copas dari post yang part 1 sama part 2, kehabisan kata-kata mutiara nih)

Oiya, nunggu hasil tes nya lama banget. Sampe bulan Agustus belum ada. Katanya sih, bakalan langsung dikirimin surat ke rumah. Tapi sampai sekarang belum ada surat…. Padahal yang chapter Jakarta, Medan, Bali, dll tuh udah pada ada pengumumannya. Sabar aja deh chapter Bandung hehehehehe semoga AFS adalah jalan terbaik buat ikut student exchange! Aaamiiin.

Oiya kakak volunteernya bilang kalau habis seleksi tahap 3, semua berkas kita diteliti sama panitia nasional. Dan nggak mungkin kita semua (38 orang yang ikut seleksi tahap 3) lolos ke nasional, soalnya masa dari chapter Bandung doang 38 orang. Yang tahun kemarin aja ngga sampe sepuluh orang dari chapter Bandung… Jadi ya harus berbesar hati menerima keputusan yang bakal dikasih sama pihak nasionalnya. Hmmmm…… berarti harus tetep doa yang kenceng yaa hehe usahanya udah beres, sekarang tinggal nunggu kehendak Allah SWT aja.

SEMANGAT!!

Btw ini website sama contact person buat yang mau nyari tau lebih lanjut :

BINA ANTARBUDAYA Kantor Nasional

http://www.bina-antarbudaya.or.id/

Telepon: +62 21 7222291 / +62 21 7235832

Fax : +62 21 7267118

Email : contact@bina-antarbudaya.or.id

Twitter : @binabud

BINA ANTARBUDAYA Chapter Bandung

http://binabudbdg.org/

Twitter : @binabudbdg

Leave a comment